Dapur Redaksi

Cara Hidup Sehat

Tips Memelihara Kesehatan Kaki pada Penderita Diabetes

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas Kenapa Pada Penderita Diabetes Luka di Kaki Sulit Sembuh, kali ini saya ingin memberikan informasi bagaimana memelihara kesehatan kaki pada penderita diabetes. Yang paling utama tentu saja cek gula darah secara rutin setiap hari, ditambah dengan cek kemampuan  syaraf kaki pada dokter, hal ini untuk mengetahui berapa kadar gula darah kita dan apakah sudah ada efeknya terhadap pembuluh darah dan syaraf kaki.

Adapun pemeliharaan rutin kesehatan  ikuti langkah-langkah yang disarankan oleh American Diabetes Association berikut :

1.      1. Periksa kaki setiap hari, cek pada bagian ujung, samping, telapak, tumit maupun sela-selanya untuk melihat adanya luka atau goresan

2.       2. Basuh kaki dengan air hangat dan sabun yang lembut (mild soap), sabun yang keras (strong soap) akan bisa merusak kulit. Sebelumnya cek temperatur air dengan jari tangan karena kemungkinan jari kaki tidak sensitif untuk bisa merasakan panas. Apabila air terlalu panas akan berbahaya karena gampang merusak kulit penderita diabetes.
3.       3. Jangan memakai cairan antiseptik karena itu dapat membakar dan melukai kulit

4.       4. Keringkan kaki dengan handuk yang lembut. Kaki harus benar-benar kering untuk menghindari terjadinya infeksi atau jamur.

5.     5.   Olesi dengan krim untuk melembabkan kaki, tapi jangan dioles pada bagian yang terkena luka

6.      6.  Hati-hati saat memotong kuku, karena kesalahan saat memotong bisa menyebabkan luka yang mungkin sulit sembuh. Rendam dulu kaki dengan air hangat untuk melunakkan kuku. Haluskan permukaan setelah memotong, karena permukaan yang tajam dapat menyebabkan kuku menusuk ke dalam daging jari dan mengakibatkan luka.

7.      7.  Hindari menduduki kaki dalam waktu lama karena menyebabkan aliran darah semakin tidak lancar

8.     8.   Stop merokok, karena merokok menyebabkan aliran darah ke kaki terhambat

Isi 2 lembar
Promo Mei-Juni Diskon 5 % Buruan !!!

Tips Memilih dan Memakai Sepatu atau Alas Kaki untuk Menjaga Kesehatan Kaki



1.       1.Pakailah sepatu atau alas kaki setiap beraktivitas untuk menghindari infeksi

2.       2.Ganti sepatu minimal  setiap 5 jam sekali. Jadi apabila kita beraktivitas di kantor yang lebih dari 5 jam, maka bawalah sepatu ganti agar kaki tidak lembab dan mengubah tekanan pada kaki

3.      3. Pakailah sepatu yang pas dengan ukuran kaki kita. Jangan memakai sepatu yang terlalu sempit atau sepatu yang desainnya  tidak memiliki cukup ruang udara saat dipakai

4.      4. Pakailah sepatu dengan bahan kulit atau kain. Jangan memakai sepatu dari bahan plastik atau bahan lain yang tidak mempunyai pori-pori untuk  bernapas

5.      5. Jangan memakai sepatu hak tinggi yang dapat menekan ujung jari kaki

6.     6.  Pakai sepatu dan kaos kaki yang kering

7.      7. Jangan memakai kaos kaki yang sempit atau dapat menekan ujung jari kaki

8.     8.   Pakailah kaos kaki saat hendak tidur apabila cuaca dingin untuk mencegah agar kaki tidak kedinginan (frostbite)

9.       9. Jangan meletakkan botol panas di atas kaki (walaupun cuaca dingin), karena itu dapat merusak kulit

Demikian tips untuk memelihara kesehatan kaki bagi penderita diabetes. Tips-tips tersebut sebaiknya dijalankan oleh penderita diabetes untuk menjaga kesehatan kakinya, terutama yang sudah dideteksi adanya kerusakan pada pembuluh darah dan syarafnya. Semoga dengan demikian kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah dan kaki kita tetap berfungsi dengan normal.


0 komentar:

Poskan Komentar

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Artikel Kesehatan Terbaru All Rights Reserved.
 

Cara Hidup Sehat | Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor | DAPUR REDAKSI